Minggu, 10 April 2011

motivasi belajar

Motivasi merupakan faktor yang tidak dapat diabaikan dalam hal upaya menumbuhkan semangat belajar.  Motivasi juga menentukan intensitas  belajar bagi siswa, sehingga hasil belajar akan dapat dicapai secara optimal. Dengan motivasi yang baik dalam arti bahwa dengan usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi maka seseorang yang melakukan kegiatan belajar itu akan dapat menghasilkan prestasi yang baik.
Sardiman mengatakan bahwa motivation is an essential condition of learning”. Sehinggga tidak berlebihan jika dikatakan bahwa motivasi merupakan faktor utama dalam upaya mencapai keberhasilan dalam belajar. Dalam belajar, motivasi memegang peranan penting dalam memberi gairah, semangat, dan rasa senang. Siswa yang mempunyai motivasi tinggi akan menampakkan energi yang tinggi untuk melaksanakan kegiatan belajar.
Dalam Kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun dirumah motivasi merupakan hal yang penting. Setidaknya para siswa harus memiliki motivasi untuk belajar, karena kegiatan belajar akan berhasil baik apabila anak yang bersangkutan mempunyai motivasi yang kuat.
Menurut Banathy dalam bukunya A System View of Education mengatakan bahwa sumber motivasi itu berasal dari dalam diri manusia (Intrinsic) dan dari luar dirinya (Extrinsic). Motivasi Instriksik adalah motivasi yang tercakup dalam situasi belajar atau dorongan dari dalam diri pebelajar sehingga menimbulkan aktivitas belajar. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan dari faktor luar berdasarkan kebutuhan dan dorongan yang tidak secara mutlak berkaitan dengan aktifitas belajar tetapi mempengaruhi belajar. Misalnya manusia mempunyai harapan untuk tetap eksis, dapat dipromosikan atasannya atau disenangi oleh atasannya serta mendapatkan perhargaan.
Karena begitu pentingnya peranan motivasi dalam aktifitas belajar, maka begitu banyak teori teori motivasi yang dikemukakan para ahli. Berikut ini beberapa link seputar motivasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"http://agungrastafun.blogspot.com" "http://http://1.bp.blogspot.com/-WEgQ4Oe9mNU/T7tjFyfklKI/AAAAAAAAAjU/PQDqKJzvRhM/s1600/joget.gif"