Kamis, 25 November 2010

Cara Pandang Organisasi Sistem Sosial

Pengetahuan berbeda dengan Ilmu pengetahuan. Pengetahuan adalah apa yang diketahui oleh manusia atau hasil pekerjaan manusia menjadi tahu.  Pengetahuan itu merupakan milik atau isi pikiran manusia yang merupakan hasil dari proses usaha manusia untuk tahu. Contoh: mbah Marijan yang berdasarkan pengetahuannya, dia tahu bahwa gunung Merapi akan segera meletus, untuk itu ia menyuruh agar warga segera mengungsi. Ia menentang semua pendapat para scientis bahkan sultannya.
Sementara itu ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis.Ilmu pengetahuan merupakan suatu sudut pandang atau cara pandang terhadap kenyataan.
Ilmu pengetahuan terbagi menjadi 2, yaitu:
1.       Ilmu pengetahuan social , obyek yang dipelajari adalah tentang realitas social, gejala social, serta aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungannya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
2.       Ilmu pengetahuan alam, obyek dan dipelajari adalah gejala alam, realitas fisik.  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.
Sosiologi berasal dari bahasa latin: socius—kawan, teman dan logos—ilmu pengetahuan.
Sosiologi merupakan salah satu cara pandang dalam pengetahuan social. Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami keadaan social manusia dengan memusatkan perhatian pada masyarakat, organisasi social, kelembagaan, interaksi dan masalah social. (Charon, 1980).
Manusia menjadi social melalui 4 cara (Charon, 1980):
1.       Manusia adalah makhluk tersosialisasiàmanusia saling berhubungan dengan manusia lain
2.       Manusia adalah actor socialàmanusia berlakon bagi sesamanya dan bisa mempengaruhi komunitasnya. Contoh: obama sebagai presiden; ayah-ibu.
3.       Manusia membentuk pola-pola social; contoh: group, organisasi; ketika ada orang yang meninggal di desa, ada pembagian siapa yang memandikan, siapa yang mengkafankan, menshalatkan, dll.
4.       Individu-individu manusia tergantung satu sama lain untuk dapat bertahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"http://agungrastafun.blogspot.com" "http://http://1.bp.blogspot.com/-WEgQ4Oe9mNU/T7tjFyfklKI/AAAAAAAAAjU/PQDqKJzvRhM/s1600/joget.gif"