Senin, 26 Maret 2012

Wirausaha Mandiri Mahasiswa

Sebanyak 80 mahasiswa IPB mengikuti video conference “Wirausaha Muda Mandiri” di Auditorium LSI Kampus IPB Dramaga Bogor bersama sembilan perguruan tinggi lainnya, diantaranya Ubinus, UKI, Universitas Gunadarma, UGM, dan Universitas Andalas.
Mereka mengikuti video conference dariDirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang ada di Jakarta.
Video Conference diawali dengan kuliah umum tentang kewirausahaan oleh Managing Director Finance & Strategy Pahala N. Mansury. Menurutnya, antara kewirausahaan dan kepemimpinan cukup dekat. Pasalnya, usaha apapun tak mungkin dibangun seorang diri, melainkan butuh partner.
Karena itu seorang wirausaha mesti pula memiliki jiwa kepemimpinan. Dikatakan, seorang wirausaha yang memiliki bekal leadership akan bisa membawa organisasinya menghasikan inovasi.
“Cintai apa yang kamu lakukan. Lakukan apa yang kamu cintai!” Kata Pahala kepada mahasiswa di berbagai kota yang kompak memakai kaos bertuliskan Wirausaha Muda Mandiri ini.
Semangat yang ditularkan Pahala, disambut baik mahasiswa yang hadir. Vita Longa Paradase misalnya, mahasiswa Departemen Statistik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) IPB ini, mengaku ia harus kembali bangkit dengan usahanya yang kini tengah tenggelam.
“Kegiatan ini telah memotivasi saya untuk bangkit kembali melanjutkan cita-cita saya yang ingin memiliki usaha bimbel dan usaha peternakan,” ujar mahasiswi semester 5 ini.
Senada dengan Vita, Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa, Megawati Simanjuntak mengatakan, kegiatan ini sesungguhnya terbuka luas bagi mahasiswa IPB.
Namun diprioritaskan bagi yang pernah memiliki usaha, namun tengah jatuh. Dengan demikian, lanjut Megawati, kegiatan yang untuk pertama kalinya digelar ini sangat bagus untuk diikuti para mahasiswa, sehinga mereka termotivasi untuk terus berusaha.
“Mahasiswa diharapkan tidak sekadar mengedepankan kecerdasan intelektual, tetapi juga harus mengedepankan kecerdasan emosi. Memiliki sikap mental yang baik itulah yang diharapkan dimiliki oleh para calon wirausaha muda ini,” terang Mega.

sumber :
http://poskota.co.id/berita-terkini/2011/11/11/mengajar-mahasiswa-soal-wirausaha-muda-mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"http://agungrastafun.blogspot.com" "http://http://1.bp.blogspot.com/-WEgQ4Oe9mNU/T7tjFyfklKI/AAAAAAAAAjU/PQDqKJzvRhM/s1600/joget.gif"